Senin, 28 April 2014

Simpanse


Mengenal Simpanse Si Monyet Cerdas 


Simpanse adalah salah satu monyet yang cukup cerdas dimana mereka mampu mengingat urutan angka dan seperti manusia mereka menggunakan alat untuk mengerjakan aktivitas mereka seperti berburu  dan mencari makanan . Mereka mudah menjadi dekat  dengan manusia sehingga banyak menjadikan monyet ini sebagai binatang peliharaan kesayangan contohnya celebrity terkenal yang memelihara simpanse adalah King of Pop Michael Jakcson yang bernama Bubbles, saking sayangnya si penyanyi Black or White ini sama si Bubbles ini sampai menulis surat wasiat warisannya agar si monyet ini dapat bagian warisan agar dia bisa hidup normal kalau si Michael Jackson meninggal dan yang paling mencengangkan ayahnya si Jacko  tidak ada dalam surat wasiat alias tidak dibagi warisan. Rupanya si Jacko lebih sayang dan lebih menganggap penting simpanse peliharaanya daripada ayahnya.
binatang simpanse

Seperti Apa Simpanse Itu


Simpanse adalah anggota dari keluarga Hominidae, bersama dengan gorila, manusia, dan orangutan. Simpanse terpisah dengan manusia dalam ranting keluarga sekitar 4 - 6 juta tahun lalu. Dua spesies simpanse di atas adalah kerabat terdekat manusia, semuanya anggota dari suku Hominini (berikut dengan spesies yang punah dari sub-suku Hominina). Simpanse satu-satunya anggota yang diketahui dari sub-suku Panina. Kedua spesies Pan tersebut terpisah sekitar 1 juta tahun lalu.

Umumnya  simpanse jantan memiliki tinggi 1.7 m saat berdiri, dan memiliki berat 70 kg dan yang betina lebih kecil. Panjang tangan simpanse umumnya, bila dilebarkan, memiliki rentang satu setengah kali tinggi badan dan tangan simpanse lebih panjang dari kakinya. kebanyakan simapanse tetapi memiliki tungkai yang lebih panjang , menggunakan tangannya yang panjang dan kuat untuk memanjat pohon. Di tanah, simpanse biasanya berjalan menggunakan keempatnya dengan bantuan baku tangan dan kepalan tangan, sebuah bentuk tenaga penggerak yang disebut dengan knuckle-walking. Kaki simpanse lebih cocok untuk berjalan dibandingkan orangutan karena telapak kaki simpanse lebih luas dan jempol yang pendek. Simpanse dapat berjalan tegak dengan dua kaki saat membawa barang dengan kedua tangannya. Warna Kulitnya lebih gelap; wajah, tangan, telapak tangan dan kaki tidak berbulu; dan simpanse tidak memiliki ekor, memiliki warna pada kulit luar wajah, tangan dan kaki yang beragam dari merah jambu sampai berwarna gelap, tetapi memiliki warna lebih terang pada saat muda, menjadi lebih gelap saat menua. 

Penelitian Universitas Chicago Medical Center menemukan perbedaan genetis yang signifikan antara populasi simpanse. Tonjolan bertulang diatas mata memberikan tampilan mundur pada dahi, dan hidungnya datar. Walaupun dengan mulut menonjol, bibirnya hanya mendorong kedepan saat simpanse mencibir. Otak simpanse setengah dari ukuran otak manusia.

Habitat dan makanan Simpanse


Simpanse adalah hewan primata yang merupakan hewan yang memiliki habitat asli di Afrika, populasi dari hewan perimata ini terdapat di Afrika Tengah dan Afrika Barat. Simpanse memang hanya hidup di  Afrika. Simpane hidup dengan cara berkoloni. Di dalam satu kawanan biasanya terdiri dari sekitar 10 s/d 20 ekor, dan di dalamnya terdapat satu pemimpin.
Simpanse memakan segala jenis makanan dari buah-buahan, akar-akaran sampai hewan lain berupa serangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar