Minggu, 27 April 2014

Beruk


Beruk si Ahli Pemetik Buah Kelapa


Beruk seperti beberapa jenis monyet yang lain yang bila dilatih beberapa keterampilan akan bisa memahami dan bisa mengerjakannya dengan waktu tertentu jadi monyet ini bisa dikatakan binatang cerdas. Umumnya jenis monyet ini dilatih untuk jadi pemetik buah kelapa yang banyak dilakukan di daerah Sumatra Barat. Mereka harus dilatih oleh pawang karena ini butuh kesabaran dan paham karakter, biasanya mereka dilatih dari umur masih kecil yaitu sekitar usia 4 sampai dengan 6 bulan dan biasanya yang mudah untuk dilatih adalah jenis kelamin betina daripada jantan karena jantan cenderung pemalas dan susah diatur juga agak galak. Untuk melatih beruk sampai bisa disuruh memetik kelapa biasanya dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan dan bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari. Seperti halnya monyet yang dilatih untuk jadi topeng monyet yang bisa diperjualbelikan demikian juga dengan beruk bila jenis monyet ini sudah ahli memetik kelapa, mereka akan di jual dipasar-pasar hewan.

binatang beruk


Seperti Apa Beruk Itu


Beruk dengan nama ilmiah Macaca Nemestrina adalah jenis monyet tertua ukuran sedang yang mempunyai ukuran berat  bisa mencapai 5-15 kg pada jantan yang besar.  Monyet jenis ini  mempunyai warna tubuh bagian belakang  yaitu coklat gelap dan warna lebih terang  bagian bawah tubuh. Mereka mempunyai ekor yang pendek agak tegak seperti ekor babi oleh sebab itu mereka di sebut southern pig-tailed macaque.

Habitat dan Makanan Beruk


Beruk dapat ditemukan di bagian selatan dari Semenanjung , Kalimantan , Sumatra dan pulau Bangka, Thailand, Laos, Kamboja, bangladesh. Monyet jenis ini kebanyakan ditemukan di hutan hujan sampai dengan 2000 meter , tetapi juga akan ditemukan di perkebunan-perkebunan.
Beruk adalah jenis monyet yang makan tanaman dan hewan lain ( omnivora ), menu makanan mereka terutama pada buah-buahan, biji-bijian, jamur dan juga hewan invertebrata .

Referensi
Southern_pig-tailed_macaque. http://en.wikipedia.org/wiki/Southern_pig-tailed_macaque. ( 27 april 2014 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar