Selasa, 08 April 2014

Binturung


Binturung Binatang dengan Aroma khas Popcorn 

Binturung memiliki wajah seperti kucing sehingga disebut bearcats atau beruang kucing namun sesungguhnya binatang ini tidak mempunyai hubungan dengan kucing atau beruang melainkan punya hubungan erat dengan musang kelapa. Si binturung ini mempunyai aroma seperti bau popcorn setidaknya itu bagi hidung manusia jadi mungkin cocok untuk jadi teman bila anda pergi ke bioskop ( tentu saja saya cuma bercanda dan sangat tidak menyarankan ) karena anda akan di usir rame-rame oleh seluruh pengunjung bioskop.
aroma binturung

Seperti Apa Binturung Itu

Binturung  dengan nama latin Arctictis binturong adalah sejenis musang bertubuh besar, anggota suku Viverridae. Beberapa dialek Melayu menyebutnya binturong, menturung atau menturun. Dalam bahasa Inggris, hewan ini disebut Binturong, Malay Civet Cat, Asian Bearcat, Palawan Bearcat, atau secara ringkas Bearcat. Barangkali karena karnivora berbulu hitam lebat ini bertampang mirip beruang yang berekor panjang, sementara juga berkumis lebat dan panjang seperti kucing.

Binturung mempunyai panjang kepala dan tubuh antara 60-95 cm dengan ekor yang cukup panjung yaitu  antara 50 – 90 cm dan mempunyai berat  sekitar 6 – 14 kg, bahkan sampai 20 kg. Berambut panjang dan kasar, berwarna hitam seluruhnya atau kecoklatan, dengan taburan uban keputih-putihan atau kemerahan. Pada masing-masing ujung telinga terdapat seberkas rambut yang memanjang. Ekor berambut lebat dan panjang, terutama di bagian mendekati pangkal, sehingga terkesan gemuk. Ekor ini dapat digunakan untuk berpegangan pada dahan (prehensile tail), sebagai ‘kaki kelima’.

Habitat dan Perilaku Binturung

Binturung dapat ditemukan mulai dari dataran tinggi Sikkim hingga ke Tiongkok selatan, Burma, Indochina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Palawan. Binturung biasa hidup di hutan tinggi , hutan cemara , Di Filipina , spesies ini ditemukan di hutan dataran rendah primer dan sekunder, termasuk mosaik padang rumput / hutan dari permukaan laut sampai 400 m.

Binturung adalah binatang yang aktif dimalam hari dan umumnya binatang ini menghabiskan siang hari dengan tidur dan berjemur dibawah sinar matahari. Si jantan berperilaku seperti kucing lakukan yaitu menjilati dan menggigit bulu mereka dan membersihkan wajah mereka dengan kaki depan mereka. Cakar disimpan tajam dengan menggaruk pada batang pohon

Makanan dan Aroma Binturung

Binturung adalah binatang karnivora mereka memakan burung, mamalia kecil, telor, ikan juga dkenal memakan bangkai  namun binatang ini juga memakan buah-buahan, tunas tanaman dan sayuran.
Sebagian besar hewan memiliki semacam bau, dan banyak menggunakan aroma untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jenis mereka. Beberapa, seperti sigung, menggunakan aroma dengan tujuan untuk mengusir predator. Binturong memiliki aroma bau yang sangat khas popcorn untuk membiarkan binturung lain tahu bahwa mereka melanggar batas wilayah atau untuk mencegah calon predator. Aroma ini dibuat oleh kelenjar minyak di bawah ekor oleh binturung dengan cara menyeret ekornya melalui cabang-cabang itu naik dan meninggalkan aroma di belakang.

Binturong http://en.wikipedia.org/wiki/Binturong. ( 27 februari 2014 )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar